IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENILAIAN AKADEMIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Sistem Informasi penilaian akademik siswa dibutuhkan karena rumitnya pengelolaan
data akademik siswa oleh pihak sekolah. Sistem yang digunakan untuk mendukung
pendataan dan penyimpanan data akademik siswa saat ini bisa dinyatakan sangat rumit dan
tidak terpakai secara optimal. Berawal dari pendataan manual, hingga pendataan secara
digital yang terpisah dan tidak efisien untuk dioperasikan. Untuk mempermudah hal tersebut,
diperlukan pembuatan Sistem Informasi Penilaian Akademik siswa berbasis web sehingga
sistem ini dapat memenuhi kebutuhan sekolah dalam hal pengelolaan data akademik siswa
terutama nilai.
Pada saat ini, proses pengelolaan akademik siswa di SMP yang menjadi objek penelitian
sebelumnya oleh Rakhmawati(2017) masih semi manual menggunakan Microsoft Excel
ataupun Microsoft Word. Pendataan nilai dan akademik siswa seperti itu, masih rentan
adanya kekeliruab dan memakan banyak waktu dalam melakukan pengelolaaan dan
pemrosesan. Tersedianya sistem informasi akademik siswa dinilai sangat penting sebagai alat
bantu untuk melakukan pengelolaan nilai siswa yang ada disekolah tersebut, sehingga
pembuatan laporan kepada pemilik yayasan ataupun dinas pendidikan semakin mudah. Saat
ini memang telah tersedia Sistem Informasi Sekolah baik gratis maupun berbayar, namun
kebanyakan tidak sesuai dengan apa yang sekolah perlukan.
Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode Usability Testing untuk
mengetahui kualitas sistem dari sisi pengguna. Pengujian dilakukan pada empat Sekolah
Menengah Pertama di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman yaitu SMP Negeri 5
Yogyakarta, SMP Negeri 8 Yogyakarta, SMP Piri Ngaglik dan MTs Pandanaran. Pengujian
dilakukan sebanyak dua kali. Perhitungan kuesioner usability menggunakan metode System
Usability Scale.
Collections
- Informatics Engineering [2143]