Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. Ahmad Darmadji, M.Pd
dc.contributor.authorEKA PURNAMASARI, 16913044
dc.date.accessioned2018-07-09T14:14:03Z
dc.date.available2018-07-09T14:14:03Z
dc.date.issued2018-06-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8380
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kedua kelas sebagai sampel penelitian. Kelas XA yang terdiri dari 25 peserta didik menjadi kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning dan kelas XC yang terdiri dari 25 peserta didik menjadi kelas kontrol diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan soal tes uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas data dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran PAI dengan menggunakan model problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan hasil rata-rata gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,71 dan kelas kontrol 0,59. Uji MANOVA nilai signifikansi 0,004. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,004 < 0,05). (2) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran PAI dengan menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan rata-rata gain 0,53 untuk kelas eksperimen dan 0,41 untuk kelas kontrol hasil. Uji MANOVA nilai signifikansi 0,004. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,004 < 0,05).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModel Problem Based Learningen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectHasil Belajar PAIen_US
dc.titlePEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTAen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record