PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar Pendidikan
Agama Islam peserta didik SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan
penelitian control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas X SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta.
Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sehingga
diperoleh kedua kelas sebagai sampel penelitian. Kelas XA yang terdiri dari 25
peserta didik menjadi kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model
Problem Based Learning dan kelas XC yang terdiri dari 25 peserta didik menjadi
kelas kontrol diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan soal tes
uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan soal pilihan ganda untuk
mengukur hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
MANOVA yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji
normalitas data dan uji homogenitas varians.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan
pembelajaran PAI dengan menggunakan model problem Based Learning terhadap
keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan hasil rata-rata gain untuk
kelas eksperimen sebesar 0,71 dan kelas kontrol 0,59. Uji MANOVA nilai
signifikansi 0,004. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,004 < 0,05). (2) ada
pengaruh yang signifikan pembelajaran PAI dengan menggunakan model
Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan rata-rata
gain 0,53 untuk kelas eksperimen dan 0,41 untuk kelas kontrol hasil. Uji
MANOVA nilai signifikansi 0,004. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,004 <
0,05).