Show simple item record

dc.contributor.advisordr. Umatul Khoiriyah, M.Med.Ed., Ph.D.,
dc.contributor.authorMuhammad Taqwauddin Machfudz, 14711010
dc.date.accessioned2018-07-06T21:09:16Z
dc.date.available2018-07-06T21:09:16Z
dc.date.issued2018-06-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8338
dc.description.abstractLatar Belakang: Proses penilaian merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Proses penilaian dapat memengaruhi proses belajar mahasiswa. Fakultas Kedokteran UII pada tahun akademi 2016/2017 melakukan perubahan sistem penilaian untuk menyesuaikan peraturan universitas. Perubahan yang dilakukan meliputi perubahan penilaian acuan patokan (PAP) dan proporsi penilaian proses blok. Problem-based learning merupakan metode pembelajaran yang diterapkan di FK UII. Berdasarkan evaluasi sementara, penerapan aturan penilaian baru selama satu tahun menyebabkan penurunan capaian nilai mahasiswa. Tujuan: Mengetahui persepsi mahasiswa FK UII terhadap perubahan sistem penilaian blok dalam kegiatan belajar berbasis PBL. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur an dianalisis menggunakan analisis tematik. Subyek penelitian diperoleh berdasarkan purposive sampling dengan sampel variasi maksimal (n=12). Hasil: Perubahan sistem penilaian mendorong mahasiswa melakukan proses adaptasi. Proses adaptasi membutuhkan waktu yang bervariasi tergantung kemampuan mahasiswa. Terjadi perbaikan kapabilitas diri mahasiswa yang terkait motivasi belajar, pemilihan kegiatan pembelajaran yang menarik, dan kemampuan untuk melakukan refleksi diri. Di sisi lain terjadi perubahan kualitas belajar mahasiswa yang ditandai oleh perubahan dalam strategi belajar, peningkatan kualitas belajar, dan perubahan dinamika tutorial. Kemampuan adaptasi, peningkatan kemampuan diri, dan perubahan kualitas proses belajar mempengaruhi proses pembelajaran mahasiswa. Hasil dari perubahan proses pembelajaran mahasiswa adalah terjadi perubahan capaian nilai. Kesimpulan: Perubahan sistem penilaian menstimulasi mahasiswa untuk melakukan adaptasi, perbaikan kabalitas diri yang mempengaruhi proses pembelajaran mahasiswa dalam kegiatan PBL dan memiliki pengaruh dalam perubahan capaian nilai mahasiswaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectperubahan sistem penilaianen_US
dc.subjectPBLen_US
dc.subjectefek pembelajaranen_US
dc.titlePERSEPSI MAHASISWA FK UII TERHADAP PERUBAHAN SISTEM PENILAIAN BLOK DALAM KEGIATAN BELAJAR BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING (PBL)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record