dc.contributor.advisor | Dr. Anton Priyo Nugroho, SE, MM | |
dc.contributor.author | ALWAN FIRMANSYAH, 14423201 | |
dc.date.accessioned | 2018-07-05T14:06:57Z | |
dc.date.available | 2018-07-05T14:06:57Z | |
dc.date.issued | 2018-06-07 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8271 | |
dc.description.abstract | Dunia perbankan syariah di tanah air dewasa ini terus berusaha memberikan kualitas
pelayanan mobile banking yang terbaik. Bank berlomba-lomba menarik perhatian
nasabahnya dengan iming-iming kemudahan, keamanan dan kenyamanan bertransaksi
melalui fitur-fitur mobile banking, yang hampir menyerupai fitur-fitur di mesin ATM.
Dengan pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat
diharapkan perbankan syariah selalu bisa beradaptasi dan memanfaatkan situasi
tersebut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan online-nya dalam hal ini pada
layanan mobile banking. Merujuk pada pertumbuhan dan perkembangan teknologi
informasi saat ini mempertanyakan bagaimana kualitas pelayanan mobile banking
perbankan syariah di Indonesia. Adapun perbankan syariah yang akan diteliti kualitas
pelayanan mobile banking-nya yaitu pada Bank Syariah Mandiri dan BRI Syariah yang
ditinjau dari perspektif masing-masing nasabah. Sehingga tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan mobile banking pada Bank Syariah
Mandiri dan BRI Syariah yang kemudian membandingkan kualitas pelayanan mobile
banking antara kedua bank tersebut.
Penelitian kuantitatif digunakan sebagai metode utama penelitian dengan mengambil
sampel sebanyak 70 responden yang merupakan 35 nasabah Bank Syariah Mandiri dan
35 nasabah BRI Syariah yang menggunakan layanan mobile banking. Adapun indikator
kualitas pelayanan mobile banking pada angket/kuesioner yang disebar dalam
penelitian ini yaitu speed, security, accuracy dan trust. Pengujian hipotesis
menggunakan uji t sampel bebas (independent sample t-test).
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata kualitas pelayanan
mobile banking pada Bank Syariah Mandiri lebih besar dari nilai rata-rata kualitas
pelayanan mobile banking pada BRI Syariah. Artinya kualitas pelayanan mobile
banking yang di rasakan oleh nasabah Bank Syariah Mandiri lebih tinggi/baik jika
dibandingkan dengan BRI Syariah. Untuk hasil pengolahan pada uji t sampel bebas,
penelitian tidak menemukan adanya perbedaan yang signifikan antara kualitas
pelayanan mobile banking Bank Syariah Mandiri dengan BRI Syariah. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Kualitas Pelayanan | en_US |
dc.subject | Teknologi Informasi | en_US |
dc.subject | Mobile Banking | en_US |
dc.subject | Perbankan Syariah | en_US |
dc.title | PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH MANDIRI DAN BRI SYARIAH | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |