Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs.Aden Wijdan S.Z., MSi
dc.contributor.authorSYALAHUDDIN AL AYUBI, 14422081
dc.date.accessioned2018-07-05T10:59:46Z
dc.date.available2018-07-05T10:59:46Z
dc.date.issued2018-04-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8251
dc.description.abstractDasar pendidikan akhlak bagi seorang muslim adalah akidah yang benar terhadap alam dan kehidupan, karena akhlak tersarikan dari akidah dan pancaran darinya. Oleh karena itu, jika seseorang berakidah dengan benar, niscaya akhlak pun akan benar, baik dan lurus. Begitu pula sebaliknya, jika akidahnya salah dan melenceng maka akhlaknya pun akan tidak benar. Jika prilaku sosial tersebut tidak sesuai atau bertentangan dengan norma yang berlaku, maka prilaku sosial siswa dinilai buruk dan ditolak akibatnya peranan serta efektivitas pendidikan dan orang tua adalah sebagai landasan bagi pengembangan spiritual terhadap kesejahtraan masyarakat dipertanyakan. Pelajaran aqidah akhlak yang berisikan tentang keimanan dan akhlak terpuji, dengan tujuan akan terbentuknya anak didik atau pribadi siswa yang muttaqin. Keterkaitan antara pendidikan dan pembentukan perilaku siswa itu sangatlah penting, supaya menjadi orang yang mempunyai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang berkualitas, terbekali oleh iman, amal shalih dan ahlakul karimah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah meotde observasi, dokumentasi, dan angket. Angket sebagai teknik pokok dalam pengumpulan data pada penelitian ini, dalam menetukan jumlah sampel digunakan teknik Stratifield Sampling dan Cluster Proportional Random Sampling, dengan jumlah subjek penelitian sebesar 437 dan sampel sebesar 58. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda yang diolah dengan mengunakan bantuan komputer program SPSS versi 21.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Pendidikan Orang Tua terhadap Prilaku Sosial dapat dilihat nilai F hitung yaitu 33,579, sedangkan F tabel dengan taraf signifikan 0,05, Karena F hitung (33,579) > F tabel (3,13) maka Ho ditolak. Berdasarkan nilai signifikan, terlihat pada kolom sig yaitu 0,000 itu berarti probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat diketahui bahwa koefisisen determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,550. Hal ini berarti 55,0% Akhlak dapat dipengaruhi oleh Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Pendidikan Orang Tua, 45,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitianen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPembelajaran Aqidah Akhlaken_US
dc.subjectPendidikan Orang Tuaen_US
dc.subjectPrilaku Sosialen_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRILAKU SOSIAL SISWA MAN 5 SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record