Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Anton Priyo Nugroho, SE., M.M
dc.contributor.authorNila Astuti Harahap, 14423159
dc.date.accessioned2018-07-04T20:19:41Z
dc.date.available2018-07-04T20:19:41Z
dc.date.issued2018-06-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8228
dc.description.abstractEtika bisnis Islam merupakan norma etika berbasis Al-Qur’an dan Hadist yang harus dijadikan sebagai pedoman hidup bagi para pebisnis. Namun pada kenyataannya, banyak orang atau oknum pebisnis yang melakukan kecurangan sehingga keluar dari norma etika bisnis yang sesuai dengan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara komprehensif tentang penerapan etika bisnis di bidang supermarket yakni Supermarket De’ Halal Mart Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan mendeskripsikan bagaimana dampak yang didapatkan perusahaan setelah menerapkan etika bisnis Islam tersebut. Dalam penelitian ini faktor yang digunakan untuk menganalisis penerapan dan dampak etika bisnis Islam terhadap kemajuan bisnis adalah prinsip etika bisnis islam yakni utinity (kesatuan), equibilirium (keseimbangan), free will (kehendak bebas), responsibility (tanggungjawab), benevolence (kebenaran). Kemudian faktor tersebut digunakan untuk menganalisis yang menjadi indikator kemajuan bisnis pada sebuah perusahaan, yakni modal, pendapatan, volume penjualan, dan tenaga kerja. Penyusun menggunakan metode penyusunan deskriptif kualitatif. Subyek penyusunan adalah supermarket De’ Halal Mart. Data penyusunan ini dikumpulkan melalui metode observasi, pencatatan dokumen, dan wawancara. Instrumen penyusunan ini adalah sebagai pedoman wawancara, lembar pencatatan dan alat untuk mendokumentasikan. Hasil penyusunan ini menerangkan bahwa Supermarket De’ Halal Mart merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis retail yang dijalankan dengan konsep islami. Dapat disimpulkan bahwa De’ Halal Mart telah mengintegrasikan kelima aksioma etika bisnis Islam tersebut terhadap beberapa aspek parameter kemajuan bisnis yang penulis gunakan yaitu modal, penapatan, volume penjualan dan tenaga kerja.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEtika Bisnis Islamen_US
dc.subjectPenerapan dan Dampaken_US
dc.subjectDe’ Halal Marten_US
dc.titleANALISIS PENERAPAN DAN DAMPAK ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEMAJUAN BISNIS PADA SUPERMARKET DE’ HALAL MART YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record