KOMPARASI PERANGKAT LUNAK HIGH - FIDELITY PROTOTYPING : MARVEL DAN UXPIN PADA PENGEMBANGAN APLIKASI WEB LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)
Abstract
Perangkat lunak prototyping, Marvel dan UXPin adalah aplikasi prototyping berbasis web, telah banyak digunakan oleh perusahaan skala besar maupun kecil, telah digunakan pula oleh kelompok tim maupun individu, termasuk aplikasi populer di sosial media dengan banyak pengikut. Berawal dari kebingungan pengguna memilih perangkat lunak prototyping yang sesuai kebutuhan, maka oleh karena itu dilakukan penelitian komparasi ini.
Penelitian ini melakukan tahapan awal dengan mengumpulkan referensi - referensi, data berkaitan dengan jenis - jenis, sifat - sifat dan pengembangan prototyping. Perangkat lunak yang akan dilakukan penelitian sebagai objek komparasi yaitu Marvel dan UXPin, yang diangkat sebagai studi kasus adalah Learning Management System (LMS). Tahapan awal penelitian membuat rancangan sistem berupa use case dan activity diagram. Kemudian melakukan desain antarmuka dalam bentuk rancangan low-fidelity prototyping. Selanjutnya, menentukan aspek skenario komparasi, lalu membuat high-fidelity prototyping dengan masing - masing perangkat lunak prototyping. Perangkat komparasi menggunakan pengukuran dari faktor kualias McCall (1977) dan usability Nielsen (1993). Terakhir ahli antarmuka pengguna memberikan ulasan berdasarkan prinsip - prinsip desain antarmuka.
Setelah melakukan komparasi dengan skenario yang telah ditentukan, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah UXPin unggul pada faktor correctness, reliability, efficiency dan usability sedangkan pada faktor integrity aplikasi Marvel dan UXPin imbang.
Collections
- Informatics Engineering [2143]