Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. Muzhoffar Akhwan, MA.
dc.contributor.authorAziza Elma Kumala, 14422053
dc.date.accessioned2018-07-04T11:20:40Z
dc.date.available2018-07-04T11:20:40Z
dc.date.issued2018-06-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8168
dc.description.abstractBeberapa tahun terakhir ini Indonesia dihadapkan oleh beberapa konflik yang disebabkan adanya perbedaan suku, budaya dan agama. Pendidikan agama merupakan sendi pokok pengetahuan dalam membentuk kepribadian seseorang. Salah satu faktor kegagalan pendidikan agama adalah kurangnya penanaman nilai multikultural dalam proses pembelajarannya. Sehingga upaya penanaman nilai multikultural dalam pembelajaran agama sangat penting diterapkan khususnya di sekolah-sekolah umum. SMP Negeri 1 Mertoyudan merupakan sekolah yang didalamnya memiliki aneka keragaman yaitu keragaman agama dan asal daerah. Selain itu juga letak sekolah ini berhadapan dengan sekolah Kristen dan Katolik yang sangat kental keyakinannya. Namun dalam kenyataannya selama ini belum pernah ada konflik ataupun permasalahan yang terjadi mengatasnamakan perbedaan. Dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah mereka mampu hidup berdampingan, rukun dan damai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi Pendidikan Agama Islam yang mengandung nilai-nilai multikultural, mengetahui metode yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai multikultural, dan mengetahui dampak dari penanaman nilai multikultural terhadap siswa di SMP Negeri 1 Mertoyudan Kabupaten Magelang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan peserta didik kelas VII dan kelas VIII SMP Negeri 1 Mertoyudan. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi nilai toleransi, nilai kesamaan, nilai persatuan, nilai kekerabatan, dan nilai keadilan. Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Mertoyudan menggunakan dua metode yaitu metode keteladanan dan metode pembiasaan. Dampak penanaman nilai-nilai multikultural terhadap siswa yaitu tumbuhnya sikap saling toleran, menghormati, menerima pendapat orang lain, saling bekerjasama, tidak bermusuhan, dan tidak adanya konflik karena perbedaan budaya, suku, bahasa, adat istiadat, dan agama.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectNilai-Nilai Multikulturalen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANGen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record