Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. M. Hajar Dewantoro, M.Ag
dc.contributor.authorIke Kusniati, 14422013
dc.date.accessioned2018-06-27T21:29:17Z
dc.date.available2018-06-27T21:29:17Z
dc.date.issued2018-06-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8094
dc.description.abstractBaca Tulis Al-Qur’an adalah salah satu ekstrakulikuler yang di wajibkan kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman sebagai syarat kenaikan kelas X. Dalam hal ini guru pembimbing dituntut untuk menciptakan suatu pelajaran yang mana hasilnya harus sesuai dengan tujuan sekolah. Metode pembelajaran tutorial sebaya di harapkan kepala sekolah agar mampu mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi metode pembelajaran tutorial sebaya untuk meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) pada siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman. Dan hasil setelah diterapkannya metode pembelajaran tersebut dalam meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik wawancara disini sangat berpengaruh dalam pengumpulan data dalam penelitian ini. Menentukan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Untuk mengetahui keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan teknik triangulasi, yang mana ada 3 faktor yang dipertimbangkan di sini oleh peneliti, yaitu : triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data (penyaringan data), display data (penyajian data), dan verifikasi data (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran BTAQ, dari 19 siswa yang ada sebelum diterapkannya metode pembelajaran tutor sebaya hanya 12 siswa yang tuntas memperoleh nilai sesuai standar yang ditetapkan sekolah, sedangkan 7 siswa lainnya belum tuntas dalam hal penguasaan Baca Tulis Al-Qur’an. Tetapi setelah ditetapkannya metode pembelajaran tutor sebaya dalam pemebelajaran BTAQ, seluruh siswa dalam kelas observasi tersebut dinyatakan tuntas dalam penguasaan materi dan praktik Baca Tulis Al-Qur’an dengan mendapatkan nilai standar yang ditetapkan Madrasah. Ada peningkatan sekitar 36,85%. Berdasarkan uraian tersebut dapat dinyatakan bahwa implementasi metode pembelajaran tutorial sebaya dapat meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) pada siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmetode pembelajaranen_US
dc.subjecttutor sebayaen_US
dc.subjectBaca Tulis Al-Qur’an (BTAQ)en_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ) PADA SISWA KELAS X DI MAN 2 SLEMANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record