Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. M. Hajar Dewantara, M.Ag
dc.contributor.authorAhmad Robani, 14422002
dc.date.accessioned2018-06-07T14:41:49Z
dc.date.available2018-06-07T14:41:49Z
dc.date.issued2018-06-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7892
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini dilakukan adalah bertolak pada keadaan Indonesia saat ini yang krisis moral karena kurangnya penerapan pendidikan tentang moral/akhlak dalam membentuk moral peserta didik. Seperti yang kita sadari bahwa pendidikan di Indonesia saat ini lebih menekankan pada aspek kognitif saja dan miskin tentang psikomotorik apalagi afektik. Dalam pendidikan Islam, pendidikan karakter merupakan pendidikan akhlak. Oleh sebeb itu, perlu adanya pendidikan karakter untuk membentuk akhlak peserta didik berdasarkan konsep yang diajarkan oleh Rasulullah sebagai pendidik yang paling berhasil dan seorang yang menjadi suri tauladan bagi umat manusia. Dengan menerapkan konsep pendidikan yang diajarkan oleh Rasulullah serta meneladaninya, diharapkan dapat membentuk akhlak peserta didik. Maka dari bebrapa caranya adalah dengan mengimplementasikan pendidikan profetik secara holistik disekolah. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter siswa di MTs N 6 Sleman, Yogyakarta, 2) Untuk mengetahui hasil implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter siswa di MTs N 6 Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Objek penelitiannya adalah siswa-siswi, dan pendidik MTs N 6 Sleman, Yogyakarta. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi Penelitian dilaksanakan di MTsN 6 Sleman, Yogyakarta yang terlatak di Jl. Magelang, Km. 4,4. Desa Sinduadi, Kec. Mlati. Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa implementasi pendidikan profetik yang dilakukan di MTs N 6 Sleman, Yogyakarta adalah dapat membentuk karakter religius, disiplin, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPendidikan Profetiken_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.titleIMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTs NEGERI 6 SLEMAN, YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record