dc.contributor.advisor | Rahmat Riza, ST., M.Sc.ME | |
dc.contributor.advisor | Arif Budi Wicaksono, ST., M.Eng | |
dc.contributor.author | Dicky Kurniawan, 14525046 | |
dc.date.accessioned | 2018-06-07T13:50:01Z | |
dc.date.available | 2018-06-07T13:50:01Z | |
dc.date.issued | 2018-06-06 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7881 | |
dc.description.abstract | Karakteristik aerodinamika merupakan suatu hal yang sangat penting dalam bidang ilmu aplikasi aerodinamika yang ditujukan untuk mendapatkan bentuk benda yang aerodinamis. Begitu juga dengan karakteristik pada sayap horizontal bagian V-Tail yang ditujukan untuk keseimbangan yang mengakibatkan hidung pesawat naik dan turun, juga keseimbangan akibat pengaruh laju aliran udara terhadap pola aliran pada sayap V-Tail horizontal. Letak dari sayap horizontal bagian V-Tail ini juga berpengaruh terhadap aliran fluida yang mengalir melaluinya.
UAV (Unmanned Aerial Vehicle) merupakan suatu pesawat terbang tanpa pilot didalam pesawat. UAV yang di desain adalah UAV MALE (Medium Altitude Long Endurance). UAV MALE sendiri mempunyai spesifikasi yaitu rentang berat antara 1000-1500 Kg, maksimal ketinggian terbang 5000-8000 meter, endurance 24-48 jam, data link range 500 km. Jenis airfoil yang biasanya digunakan pada sayap horizontal bagian ekor adalah airfoil NACA0012 yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis airfoil lainnya. Dengan metode simulasi menggunakan software solidworks yang mempunyai keunggulan dibandingkan software sejenisnya. Tujuan dari analisa ini adalah untuk mengetahui pola aliran yang terjadi dipada airfoil jenis NACA0012 pada sayap horizontal dan sayap V-Tail UAV MALE akibat laju aliran udara yang diberikan masing-masing kecepatan 150 km/jam, 165 km/jam, 180 km/jam, 195 km/jam, 210 km/jam, 225 km/jam, 240 km/jam sesuai dengan keadaan sebenarnya dari pesawat UAV MALE (Unmanned Aerial Vehicle Medium Altitude Long Endurance), pada penelitian ini yang mana kesimpulan dapat diperoleh semakin tinggi kecepatan pesawat maka pola aliran yang diterima sayap horizontal dan sayap V-Tail UAV MALE semakin besar terumata pada bagian leading egde. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Aerodinamika | en_US |
dc.subject | UAV | en_US |
dc.subject | Solidworks | en_US |
dc.subject | V-Tail | en_US |
dc.title | ANALISIS AERODINAMIKA PADA SAYAP V-TAIL UAV MALE (UNAMANNED AERIAL VEHICLE MEDIUM ALTITUDE LONG ENDURANCE) AKIBAT LAJU ALIRAN UDARA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD) | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |