Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Hasan Sidiq Kurniawan, S.Si., M.Sc
dc.contributor.authorDhea Andryani Awitasari, 14611231
dc.date.accessioned2018-06-06T14:50:29Z
dc.date.available2018-06-06T14:50:29Z
dc.date.issued2018-05-11
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7835
dc.description.abstractDalam perguruan tinggi, kurikulum pembelajaran dapat menggambarkan keadaan kualitas mahasiswanya. Maka dari itu banyak perguruan tinggi berusaha untuk meningkatkan kualitas kurikulum untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang yang dijalani. Dalam hal ini Universitas Islam Indonesia juga turut berusaha untuk meningkatkan kualitas kurikulumnya, salah satunya adalah program studi Statistika yang menerapkan kurikulum dengan jargon enthusiastic statisticians (Statistika yang antusia) dengan konsentrasi studi terdiri atas: Data Scientist, Aktuaria, Bisnis dan Sosial, Industri serta Manajemen Kebencanaan. Pada kurikulum yang terdahulu hanya terdapat dua buah konsentrasi studi, yaitu Bisnis, Industri, Sosial (BIS) dan Manajemen Kebencanaan. Dalam penelitian ini telah dilakukan analisis mata kuliah inti dari dua kurikulum yang berbeda dari Jurusan Statistika Universitas Islam Indonesia yaitu pada angkatan 2014, 2015 dan 2016 Karakteristik yang digunakan adalah nilai mata kuliah keprodian, yaitu Metode Statistika 1, Metode Statistika 2, Pengantar Probabilitas dan Pengantar Statistika Matematika 1. Metode yang digunakan adalah analisis peta kendali Multivariate T2 Hotelling Individual untuk melihat kualitas nilai mata kuliah inti dari ketiga angkatan tersebut. Analisis peta kendali Multivariate T2 Hotelling Individual dilakukan pada keempat karakteristik kualitas sekaligus. Selain itu dalam skripsi ini juga dilakukan analisis kemampuan proses pada data keempat nilai mata kuliah inti. Hasil yang didapatkan adalah pada angkatan 2014 hanya terdapat lima pengamatan yang keluar dari batas kendali UCL pada analisis peta kendali Multivariate T2 Hotelling Individual, sedangkan pada angkatan 2015 terdapat satu pengamatan yang keluar dari batas kendali UCL dan pada angkatan 2016 seluruh observasi sudah berada dalam batas kendali. Pada hasil analisis kemampuan proses dari keempat karakteristik kualitas tersebut nilai Cp mata kuliah inti < 1 yang diartikan bahwa proses pembelajaran pada ketiga angkatan tersebut masih perlu ditingkatkan agar sesuai dengan kualitas yang diinginkan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKurikulumen_US
dc.subjectJurusan Statistikaen_US
dc.subjectPengendalian Kualitasen_US
dc.subjectPeta Kendali Multivariate T2 Hotellingen_US
dc.titlePETA KENDALI MULTIVARIAT HOTELLING T2 UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS NILAI MAHASISWA PADA EMPAT MATA KULIAH INTI DI JURUSAN STATISTIKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record