HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 subjek. Penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu (a) skala prokrastinasi akademik yang diadaptasi oleh peneliti sebelumnya yang dilakukan oleh Wicaksono dan Fahmie (2014) yakni PASS (Procrastination Assesment Scale for Student) yang berjumlah 12 item yang memiliki hasil koefisien reliabilitas alpha sebesar 0,739 dan (b) skala kontrol diri yang diadaptasi dari penelitian Judistira dan Wijaya (2017) yang mengacu pada aspek-aspek yang diungkapkan oleh Tangney, Baumeister, dan Boone (2004) yang berjudul “The Self Control Scale” yang berjumlah 13 item yang memiliki hasil koefisien reliabilitas alpha sebesar 0.803. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Spearman menunjukkan bahwa ada korelasi negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dengan nilai r= -.321 dengan p= 0.001 (p<0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan, yaitu semakin rendah tingkat prilaku kontrol diri yang dimiliki mahasiswa, maka semakin tinggi tingkat prokrastinasi yang dimiliki. Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis penelitian diterima
Collections
- Psychology [2270]