Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Nanang Nuryanta, M.Pd
dc.contributor.authorKasiran, 16913048
dc.date.accessioned2018-05-22T10:10:57Z
dc.date.available2018-05-22T10:10:57Z
dc.date.issued2018-04-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7454
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kulonprogo dan difokuskan pada peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur‟an dan Al-Hadits dengan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan nilai yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian tindakan kelas untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh melalui tes, kemudian dibandingkan dengan standar minimal yang menjadi indikator keberhasilan penelitian, yaitu sebagian besar siswa (+75%) memperoleh nilai di atas 60. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran ini adalah sarana dan fasilitas yang tersedia sedang faktor penghambat di antaranya suasana kelas yang pasif, guru lebih aktif maka dengan pembelajaran kooperatif siswa lebih termotivasi, kelas kondusif dan menyenangkan Temuan penelitian adalah Meningkatnya motivasi dalam pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Al-Qur;an dan Al-Hadits yang dibuktikan dengan hasil belajar yaitu nilaien_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUpayaen_US
dc.subjectMeningkatkanen_US
dc.subjectKualitasen_US
dc.subjectNilaien_US
dc.titleSTUDI PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN AL-HADITS BAGI SISWA KELAS XII A DI MAN 1 KULON PROGOen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record