STUDI PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN AL-HADITS BAGI SISWA KELAS XII A DI MAN 1 KULON PROGO
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kulonprogo dan difokuskan pada
peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur‟an dan Al-Hadits dengan model
pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan nilai yang belum mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal)
Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dan termasuk
penelitian tindakan kelas untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
kooperatif yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara, lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data mengenai hasil
belajar siswa diperoleh melalui tes, kemudian dibandingkan dengan standar
minimal yang menjadi indikator keberhasilan penelitian, yaitu sebagian besar
siswa (+75%) memperoleh nilai di atas 60. Adapun faktor pendukung dalam
pembelajaran ini adalah sarana dan fasilitas yang tersedia sedang faktor
penghambat di antaranya suasana kelas yang pasif, guru lebih aktif maka dengan
pembelajaran kooperatif siswa lebih termotivasi, kelas kondusif dan
menyenangkan
Temuan penelitian adalah Meningkatnya motivasi dalam pembelajaran
kooperatif pada mata pelajaran Al-Qur;an dan Al-Hadits yang dibuktikan dengan
hasil belajar yaitu nilai