HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara stres akademik dan student engagement pada siswa sekolah dasar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara stres akademik dan student engagement. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 127 siswa kelas 4 dan 5, yang terdiri dari 49 siswa laki-laki dan 78 siswa perempuan. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur yang diterjemahkan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Alat ukur untuk mengukur student engagement yaitu skala School Engagement Measure (Fredricks, Blumenfeld, Friedel, & Paris, 2003) dan skala School-Based Stressor (Agrawal, Garg, & Urajnik, 2010). Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment dari Spearman’s rho, diperoleh hasil yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,265 (p > 0,05) dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,056. Sehingga dapat dikatakan tidak terdapat hubungan antara stres akademik dan student engagement pada siswa sekolah dasar.
Collections
- Psychology [2270]