Pengaruh Lama Penutupan Pintu Kereta Api Terhadap Panjang Antrian dan Tundaan Kendaraan: Aplikasi Teori Gelombang Kejut pada Ruas Jalan Mojo Baciro Yogyakarta
View/ Open
Date
2006-11-24Author
00511028, Solimin
Narusianto, Indiyoko, 00511152
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertemuan sebidang antara lintasan kereta api dengan jalan merupakan
bentuk pertemuan yang sering menimbulkan masalah, yang terjadi pada saat
pintu lintasan kereta api menutup. Secara langsung hal tersebut akan
menimbulkan antrian yang kemudian secara otomatis tundaan juga akan terjadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan dengan
menggunakan teori Shock Wave dapat digunakan untuk menganalisis panjang
antrian dan tundaan pada pertemuan sebidang dengan lintasan kereta api.
Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Mojo, Baciro, Yogyakarta yang
mempunyai arus lalu lintas yang cukup padat.
Dari penelitian ini didapatkan hubungan antara kecepatan (u) dan
kepadatan (k) adalah us = 30,67 - 0,249 k, Arus (q) dan Kecepatan (u) adalah q
= 129,93 us - 4,01 us2 dan Arus (q) dan Kepadatan (k) adalah q = 30,67k- 0,249
\f, sehingga dengan pendekatan metode Shock Wave didapatkan nilai rata - rata
panjang antrian akibat penutupan pintu lintasan kereta api sebesar 48,07 meter
dan tundaan rata - rata sebesar 2,48 menit / kendaraan, sementara hasil yang
didapatkan dari pengamatan di lapangan untuk rata - rata panjang antrian
akibat penutupan pintu lintasan kereta api adalah sebesar 14,57 meter dan
tundaan rata - rata sebesar 0,24 menit / kendaraan. Setelah dianalisis dengan uji
T kesimpulannya adalah bahwa kedua kelompok data tersebut berbeda secara
signiflkan. Untuk hubungan antara lama penutupan pintu lintasan kereta api
dengan panjang antrian diwakili oleh persamaan y = - l,4656x + 129,73 dan
untuk hubungan lama penutupan pintu lintasan kereta api dengan tundaan
diwakili oleh persamaan y = - 0,0167x + 1,5546. Namun demikian berdasarkan
uji F, kedua persamaan tersebut memiliki tingkat signifikansi yang rendah. Hal
ini berarti antara panjang antrian dan tundaan tidak memiliki hubungan linear
dengan penutupan pintu lintasan kereta api.
Collections
- Civil Engineering [4192]