HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN EFIKASI DIRI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara efikasi diri pengambilan keputusan karir dan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa semester akhir di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara efikasi diri pengambilan karir dan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini ialah mengadaptasi dari Career Decision Making Self Efficacy Short-form Scale (CDMSE-SF) oleh Betz dan Taylor (1983) dan skala regulasi diri dalam belajar yang disusun berdasarkan aspek-aspek regulasi diri dalam belajar diadaptasi dari A Manual for the Use of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang dikembangkan oleh Pintrinch et al. Responden dalam penelitian ini berjumlah 158 mahasiswa Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang terdiri dari 63 laki-laki dan 95 perempuan. Analisis data yang digunakan menggunakan Pearson dikarenakan sebaran data yang diperoleh normal. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel. Analisis korelasi menunjukkan nilai korelasi r=0.618 dengan p=0.000 (p<0.01). Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima.
Kata kunci: efikasi diri pengambilan keputusan karir, regulasi diri dalam belajar, mahasiswa semester akhir
Collections
- Psychology [2186]