PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK BIDANG AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMP NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN
Abstract
Penelitian ini berangkat dari keprihatianan guru pendidikan agama Islam yang merasakan bahwa peserta didik di SMP Negeri 1 Ngaglik semakin lama, semakin mengalami kemunduran terkait ilmu pengetahuan agama khususnya bidang AL-Qur’an. Sedangkan pemerintah selalu mengadakan kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk Pendidikan Agama Islam. Dengan tuntutan nilai Kreteria Ketuntasan Minimal USBN Pendidikan Agama Islam harus mencapai nilai 75 sebagai salah satu syarat kelulusan bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Ngaglik.
Hal tersebut yang membuat guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk profesional dalam kegiatan pembelajaran, termasuk dituntut untuk dapat membuat dan menggunakan media pembelajaran dalam menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan. Agar peserta didik lebih mudah dalam mempelajari bidang Al-Qur’an, sehingga mendapatkan nilai yang sama atau melebihi dari Kreteria Ketuntasan Minimal.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif diskriptif. Subyek penelitianya yaitu Kepala sekolah, Waka. Kurikulum dan peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Ngaglik. Analisis data yang dilakukan dengan model interaktif dari Miles dan Huberman yaitu, data collection, data condensation, data display dan concluion drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media pembelajaran Puzzle bidang Al-Qur’an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ngaglik dapat digunakan dalam pembelajaran tersebut dengan baik. Terbukti dari hasil penelitian ini, peserta didik merasa senang dan mudah dalam menerima pelajaran. Dengan menggunakan Media Pembelajaran Puzzle maka belajar Al-Qur’an menjadi lebih mudah dipahami dan menyenangkan. Sehingga menghapus anggapan bahwa belajar Al-Qur’an itu sulit bagi peserta didik di SMP Negeri 1 Ngaglik.