dc.contributor.advisor | Dr. Anton Priyo Nugroho, MM. | |
dc.contributor.author | Muhammad Sutrimo, 15913028 | |
dc.date.accessioned | 2018-05-02T10:39:47Z | |
dc.date.available | 2018-05-02T10:39:47Z | |
dc.date.issued | 2018-04-26 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/7202 | |
dc.description.abstract | Pesatnya pertumbuhan usaha batik di Pekalongan menimbulkan
peningkatan persaingan usaha yang ketat antar pengusaha batik. Persaingan usaha
yang ada cenderung tidak sehat dan mengabaikan nilai etos kerja seorang muslim.
Hal ini menjadikan wacana etos kerja Islam pada perusahaan batik sangat
diperlukan agar dapat menjadi landasan dalam beroperasi dan terhindar dari
penyimpangan nilai-nilai etos kerja Islam. Sehingga tidak hanya berorientasi pada
pencapaian laba semata, tetapi juga memerhatikan prinsip etos kerja Islam.
Keberhasilan Perusahaan Batik Bima dalam mempertahankan perusahaannya dan
kemampuannya menghadapi arus persaingan usaha batik menjadi sorotan menarik
bagi peneliti terhadap etos kerja yang diterapkan di dalam perusahaan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran etos kerja pada Perusahaan
Batik Bima yang kemudian dirumuskan dengan indikator etos kerja Islam.
Indikator etos kerja Islam ini digunakan sebagai alat ukur untuk mengetahui sejauh
mana etos kerja pada Perusahaan Batik dalam menerapkan etos kerja Islam. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif eksploratif dengan pendekatan
kualitatif dengan analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Perusahaan Batik Bima telah menerapkan
prinsip etos kerja Islam dalam operasionalnya dan relevan dengan indikator etos
kerja Islam. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.subject | etos kerja Islam | en_US |
dc.subject | persaingan usaha, | en_US |
dc.subject | perusahaan batik | en_US |
dc.subject | Pekalongan | en_US |
dc.title | ETOS KERJA PERUSAHAAN BATIK BIMA DI PEKALONGAN PERSPEKTIF ISLAM | en_US |
dc.type | Master Thesis | en_US |