Pelatihan Efikasi Diri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) “X” Di Sleman
Abstract
PELATIHAN EFIKASI DIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) “X” DI SLEMAN
Raras Pramudita
Sumedi P. Nugraha
Mira A. Rachmawati
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap motivasi belajar IPA siswa. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa kelas VIII SMPN “X” di Sleman, yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui skala motivasi belajar IPA, wawancara, dan observasi. Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan adalah nonrandomized control group pretest-posttest. Hasil uji hipotesis dengan teknik analisis man whitney menunjukkan tidak ada perbedaan skor antara responden kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, Z = -1,458, p = 0,161 (p > 0,05). Kemudian, hasil uji tambahan pada kelompok eksperimen menggunakan teknik analisis wilcoxon diperoleh nilai Z = -2,668, p = 0,008 (p < 0,05), berarti ada perbedaan yang signifikan skor motivasi belajar IPA responden kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah pelatihan efikasi diri.
Collections
- Master of Psychology [344]