Show simple item record

dc.contributor.advisorDr.Junanah,MIS.
dc.contributor.authorSetiawan, Andry, 13422007
dc.date.accessioned2018-04-24T13:40:36Z
dc.date.available2018-04-24T13:40:36Z
dc.date.issued2017-03-08
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/6987
dc.description.abstractAntara bahasa Arab dan al-Quran terdapat saling keterkaitan, yakni untuk dapat membaca al-Quran hendaknya mengetahui cara membaca tulisan arab, karena hakikatnya bahasa al-Quran adalah bahasa Arab. Hal inilah yang melatarbelakangi adanya penelitian ini.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti ada-tidaknya hubungan yang signifikan antara penguasaan pelajaran bahasa Arab terhadap kemampuan membaca al-Quran santri Pondok Modern Darul Qiyam Gontor 6 Sawangan Magelang tahun ajaran 1347/1348 H. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, artinya, objektivitas desain penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angka-angka pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Data-data yang didapatkan dianalisis menggunakan statistik kuantitatif. Penguasaan Pelajaran Bahasa Arab santri Pondok Modern Darul Qiyam Gontor 6 dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat analisis yang menunjukkan nilai mean sebesar 57,02. Apabila diterapkan dalam interval nilai terdapat antara interval (50-64), dengan kategori baik. Kemampuan Membaca Al-Qur’an santri Pondok Modern Darul Qiyam Gontor 6 dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean sebesar 61,60. Apabila diterapkan dalam interval nilai terdapat antara interval (50-64), berkategori baik. Berdasarkan pada analisis kuantitatif dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup signifikan antara penguasaan pelajaran Bahasa Arab dengan kemampuan membaca al-Quran santri Pondok Modern Darul Qiyam Gontor 6 tahun ajaran 1347/1348 H. Hal ini didapatkan dari hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,496 yang masuk kedalam interval 0,41-0,70 yang bermakna tingkat signifikansi korelasinya adalah sedang/cukupid
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.titleKorelasi Antara Penguasaan Bahasa Arab dengan Kemampuan Membaca Al Quran Santri Pondok Modern Darul Qiyam Gontor 6 Magelang Tahun Ajaran 1437/1438 Hid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record