Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Supriyanto Pasir, S.Ag, M.Ag.
dc.contributor.authorNurbaeti, Yuyun, 13422054
dc.date.accessioned2018-04-24T12:59:03Z
dc.date.available2018-04-24T12:59:03Z
dc.date.issued2017-05-15
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/6979
dc.description.abstractPerkembangan zaman yang semakin mengalami kemajuan secara signifikan, merupakan tantangan terhadap dunia pendidikan untuk mampu menyesuaikan dengan kemajuan tersebut agar tidak tertinggal dan terbelakang. Pemanfaatan media elektronik sebagai pendukung proses pembelajaran siswa di dalam kelas adalah salah satu cara yang harus digunakan oleh lembaga pendidikan. Dalam kasus pendidikan di Indonesia, kurikulum pendidikan yang diterapkan di Indonesia selalu mengalami pergantian, dimulai sejak tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006 dan kini berganti menjadi kurikulum 2013 yaitu kurikulum berbasis kompetensi dan karakter dengan pendekatan scientific. Upaya kemendikbud dalam membentuk karakter peserta didik yang telah dikonsepkan didalam kurikulum 2013 telah diterapkan di MTsN Tempel Yogyakarta. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Penentuan subjek penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 6 orang informan yang memiliki posisi penting terhadap penerapan kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter pesertadidik di MTsN Tempel Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter peserta didik di MTsN Tempel Yogyakarta, dapat terwujud dengan adanya dukungan dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, namun faktor yang paling dominan dalam pembentukan karakter bagi peserta didik di sekolah ini ialah dukungan dari pihak orang tua. Jika anak mempunyai verbal yang bagus dengan nasehat dan pengertian yang berulang-ulang maka pendidikan karakter pada anak adalah menstrukturkan anak pada hal-hal yang baik dan mengajarkan segi positif dari hal terkecil sampai hal besar dalam kegiatan sehari-hari dengan tujuan anak dapat berkembang dengan baik dan mandiri yang berupa sopan santun terhadap guru, teman sebaya dan keluarga, menghargai waktu, tidak egois dan dapat menerima pendapat orang lain.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectKurikulum 2013id
dc.subjectpendidikan karakterid
dc.subjectpelajarid
dc.subjectsekolahid
dc.titleImplementasi Kurikulum 2013 dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTsN Tempel Yogyakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record