Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. M. Hajar Dewantara, M.Ag.
dc.contributor.authorMuthmainah, Fatihatul, 13422089
dc.date.accessioned2018-04-24T12:04:48Z
dc.date.available2018-04-24T12:04:48Z
dc.date.issued2017-03-15
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/6967
dc.description.abstractBerangkat dari dasar-dasar utama pendidikan Islam (Al-Qur‟an dan Sunnah), maka setiap aspek pendidikan Islam mengandung beberapa unsur pokok yang mengarah kepada pemahaman dan pengamalan doktrin Islam secara menyeluruh. Mayoritas pentransferan pokok-pokok pendidikan Islam ada pada sekolah yang berlatar belakang Islami. Namun bagaimana jika implikasi pendidikan Islam menggunakan metode dari Barat. Metode Montessori adalah metode yang menjadikan anak fokus pusat dari proses pendidikan, dan pengajar menjadi pengarah, yang memandu, tanpa banyak campur tangan, kegiatan belajar mandiri dari anak. Metode ini dikembangkan oleh Maria Montessori seorang perempuan Italia beragama Katolik taat. Fokus dalam penelitian bagaimana pendidikan Islam dapat bersanding secara sejajar dengan metode Barat bahkan saling mendukung. Kemudian bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan dalam rutinitas dengan metode Montessori, dan output yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitiannya deskriptif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling , diantaranya pendiri Brainy Bunch International Islamic Montessori School, kepala sekolah Brainy Bunch, homeroom teacher di Brainy Bunch, dan guru materi islam di Brainy Bunch. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan penggunaan metode Montessori yang diterapkan di Brainy Bunch ialah tidak mengklasifikasikan anak-anak berdasarkan pada umur mereka. Metode ini mengikuti fitrah anak atau untuk menjelaskan bahwa anak diajari dengan pembelajaran dasar sesuai kemampuan. Dalam penerapan kedisplinan di Brainy Bunch diambil dari ground rules dan sunnah. Nilai-nilai pendidikan Islam yang diterapkan diantaranya dari materi keislaman dan statement Brainy Bunch. Dan out put yang dihasilkan adalah muslim yang dinamis, pandai berbahasa Inggris, dan terbekali pendidikan yang kuat ala Montessori.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectNilai-Nilai Pendidikan Islamid
dc.subjectMetode Maria Montessoriid
dc.titlePenerapan Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Metode Maria Montessori di Brainy Bunch International Islamic Montessori Schoolid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record