Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di Ra Al-hidayah Rancakeuyeup Sukajaya Tanggeung Cianjur
Abstract
Pendidikan karakter pada anak usia dini sangat dibutuhkan, penanaman karakter yang kuat dari sejak dini akan membentuk karakter anak yang hebat dewasa nanti. Dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada anak usia dini perlu metode yang sesuai dan menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan fenomenologis dimana peneliti harus memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap orang-orang yang berada dalam situasi tertentu. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan teknik interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran ialah ceramah dan dongeng serta proses pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan di RA AL-Hidayah Rancakeuyeup meliputi perencanaan yang sudah berjalan dengan baik, dibuktikan dengan adanya perencanaan pembelajaran yang matang yang sudah disusun oleh pendidik beserta staff kependidikan. Kemudian dalam proses pelaksanaannya telah dibuktikan dengan proses pelaksanaan pendidikan karakter yang sudah berjalan dengan cukup baik. Dan juga telah di buktikan dalam proses evaluasi pendidikan karakter di RA Al-Hidayah Rancakeuyeup meliputi evalusi proses pelaksanaan bersama guru, evaluasi akhir pembelajaran. Dan berdasarkan observasi yang dilakukan guru.
Collections
- Islamic Education [861]