PENGARUH PELATIHAN MINDFULNESS ISLAMI TERHADAP PENINGKATAN OPTIMISME DAN KETENANGAN HATI MAHASISWA YANG SEDANG SKRIPSI
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir terkadang mengalami hambatan dalam menyelesaikan skripsi. Hambatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti persepsi terhadap dosen pembimbing, kesulitan menuangkan ide, dan rasa tidak percaya diri. Adanya penyebab terhambatnya penyelesaian skripsi berdampak pada kondisi optimisme dan ketenangan hati mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan mindfulness Islami terhadap peningkatan optimisme dan ketenangan hati mahasiswa yang sedang skripsi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pelatihan mindfulness islami dapat meningkatkan optimisme dan ketenangan hati pada mahasiswa yang sedang skripsi. Desain penelitian menggunakan nonrandomized pretest-posttest control group design. Optimisme mahasiswa diukur dengan menggunakan Life Orientation Test Revised (LOT-R) dan ketenangan hati mahasiswa diukur menggunakan skala Tatmainn al-Quluub. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga belas mahasiswa tingkat akhir yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode analisis data yang digunakan adalah Anava Mixed Design. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan yang sangat signifikan antara skor optimisme kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan nilai p= 0,01 (p<0,05). Perbedaan yang sangat signifikan juga pada skor ketenangan hati kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan nilai p= 0,01 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan mindfulness Islami dapat meningkatkan optimisme dan ketenangan hati mahasiswa yang sedang skripsi.
Collections
- Psychology [2173]