Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan Sistem Online Trading Berbasis Syariah (Studi Pada PT. Phintraco Sekuritas Yogyakarta)
Abstract
Sistem online trading (OLT) merupakan pelaksanaan perdagangan saham dengan menggunakan media internet. Investor yang bertransaksi saham melalui web penyedia layanan ini secara otomatis order akan terkirim oleh sistem remote trading ke perdagangan di Bursa Efek Jakarta. Sistem online trading sejatinya adalah pengembangan dari remote trading. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan sistem sistem online trading berbasis syaria’ah di PT. Phintraco Sekuritas Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan terhadap nasabah aktif di PT. Phintraco Sekuritas Yogyakarta yang menggunakan sistem Sistem online trading syari’ah dengan menggunakan metode analisis regresi, uji parsial, uji asumsi klasik, dan hipotesis. Dengan populasi sebanyak 73 orang dan setelah menggunakan rumus slovin maka di dapat sampel yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 42 orang
Berdasarkan hasil olah data, diperoleh hasil variabel Kualitas Produk terhadap kepuasan nasabah, menunjukkan nilai t hitung -1,365 < dari t tabel sebesar 2,022 dan p value (Sig) sebesar 0,180 yang di atas alpha 5% yang artinya kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan sistem sistem online trading syari’ah, sedangkan variabel kualitas pelayanan menunjukkan nilai t hitung 4,489 > dari t tabel sebesar 2,022 dan p value (Sig) sebesar 0,000 yang di bawah alpha 5% yang artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan sistem sistem online trading syari’ah dan variabel harga terhadap kepuasan nasabah menunjukkan nilai t hitung 1,482 < dari t tabel sebesar 2,022 dan p value (Sig) sebesar 0,147 yang di atas alpha 5% yang artinya menyatakan harga berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan sistem sistem online trading syariah yang artinya harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan sistem sistem online trading syari’ah.
Collections
- Islamic Economics [826]