Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Muhajir., S.Si., M.Sc
dc.contributor.authorBana Ali Fikri, 14611082
dc.date.accessioned2018-04-17T12:29:05Z
dc.date.available2018-04-17T12:29:05Z
dc.date.issued2018-04-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6512
dc.description.abstractKecelakaan lalu lintas adalah peristiwa di jalan yang tidak disangka-sangka dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda. Kecelakaan lalu lintas menurut BPS tahun 2015 mencapai 98.9 ribu kasus. Angka tersebut meningkat 3.19 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 95.5 ribu kasus, sementara di Kabupaten Sleman angka kecelakaan pada semester pertama tahun 2017 sebagai kabupaten paling banyak kecelakaan di provinsi DIY sebanyak 627 kasus, maka perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengurangi korban kecelakaan lalu lintas yang mengalami luka berat, meninggal dunia dan dapat meminimalisir atau mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas di POLRES Kabupaten Sleman. Salah satu alat untuk menganalisis adalah dengan menggunakan klasifikasi metode CHAID. CHAID adalah suatu teknik iteratif yang menguji satu-persatu variabel independen yang digunakan dalam klasifikasi, dan menyusunnya berdasarkan pada tingkat signifikansi statistik chi-square terhadap variabel dependennya. Berdasarkan hasil yang diperoleh output metode CHAID terdapat 46 segmen atau aturan. Segmen yang direkomendasikan terhadaap pihak kepolisian adalah segmen segmen 1, segmen 2, segmen 4, segmen 5, segmen 8, segmen 11, segmen 14, segmen 15, segmen 17, segmen 20, segmen 23, segmen 25, segmen 30, segmen 31, segmen 34, segmen 37, segmen 42, segmen 45. Model klasifikasi metode CHAID memiliki akurasi sebesar 81.5% dan memiliki proporsi yang cukup seimbang, maka model tersebut sudah cukup baik. Traffic accidents are unexpected and unintentional street events involving vehicles with or without other road users resulting in human casualties or property losses. Traffic accidents by BPS in 2015 reached 98.9 thousand cases. The number increased by 3.19 percent compared to the previous year which reached 95.5 thousand cases, while in Sleman district the number of accidents in the first half of 2017 as the district most accidents in the province of Yogyakarta as many as 627 cases, it is necessary to conduct research that aims to reduce traffic casualties victims severely injured, died and can minimize or reduce the number of traffic accidents in POLRES Sleman District. One tool to analyze is to use CHAID method classification. CHAID is an iterative technique that tests one by one independent variables used in classification, and arrange it based on the level of statistical significance of chi-square to its dependent variable. Based on the results obtained CHAID method output there are 46 segments or rules. The segments recommended by the police are segment 1, segment 2, segment 4, segment 5, segment 8, segment 11, segment 14, segment 15, segment 17, segment 20, segment 23, segment 25, segment 30, segment 31, segment 34, segment 37, segment 42, segment 45. CHAID method classification model has an accuracy of 81.5% and has a fairly balanced proportion, then the model is good enough.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectKecelakaan Lalu Lintasid
dc.subjectCHAIDen_US
dc.subjectTraffic Accidenten_US
dc.titleKLASIFIKASI TINGKAT LUKA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE CHI-SQUARE AUTOMATIC INTERACTION DETECTION (CHAID) WITH SYNTHETIC MINORITY OVERSAMPLING TECHNIQUE (SMOTE) (Studi Kasus : Data Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten POLRES Sleman Tahun 2016 sampai 2017)id
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record