Show simple item record

dc.contributor.advisorArief Rahman, S.E., M.Com., Ph.D
dc.contributor.authorNur Diana, 14312257
dc.date.accessioned2018-04-16T17:06:11Z
dc.date.available2018-04-16T17:06:11Z
dc.date.issued2018-03-12
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6498
dc.description.abstractE-money merupakan alat pembayaran elektornik non-tunai yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Berdasarkan data Bank Indonesia, sudah ada 26 perusahaan perbankan dan non-bank yang mendapatkan izin pengeluaran produk e-money. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan e-money di Indonesia. Model teori UTAUT 2 menjadi dasar teori pada penelitian ini yang dikolaborasikan dengan dua varibel lain, sehingga factor-faktor yang diteliti meliputi ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi pendukung, motivasi hedonis, nilai harga, kepercayaan dan persepsi keamanan teknologi. Data penelitian diperoleh dari hasil pengumpulan kuesioner online dan manual serta didapatkan 251 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model struktural (Inner Model) dengan aplikasi Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaa, motivasi hedonis, pengaruh sosial, kondisi pendukung, dan nilai harga terbukti memengaruhi minat konsumen untuk menggunakan e-money. Sementara, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan persepsi keamana teknologi tidak menunjukkan adanya pengaruh pada minat penggunaan e-money. Maka dari itu, pemerintah dan perusahan penyedia layanan e-money perlu mempertimbangkan kepercayaan, motivasi hedonis, pengaruh sosial, kondisi pendukung, dan nilai harga dalam rangka peningkatan layanan e-money atau pun pembuatan kebijakan-kebijakan dalam penyelenggaraan e-money di Indonesia. E-money is a non-cash electronic equipment that is currently growing rapidly in Indonesia. Based on data from Bank Indonesia, there are already 26 companies and non-banks that have issued e-money products. This study aims to analyze the factors that influence interest in the use of e-money in Indonesia. The UTAUT 2 theory model becomes theoretical basis in this study which is collaborated with two other variables, so that the factors studied include performance expectations, effort expectancy, social influences, facilitating conditions, hedonic motivation, price value, trust and perceived technological security. Data from the results of online and manual questionnaires and. Hypothesis testing in this research using structural model (Inner Model) with Partial Least Square (PLS) application. The results of this study show that trust, hedonic motivation, social influences, facilitating conditions, and prices value have been shown to affect consumer interest in using e-money. Meanwhile, performance expectations, effort expectations, and perceived technology security do not show any influence on interest in using e-money. Therefore, the government and companies of e-money service providers should consider these factors trust, hedonic motivation, social influence, facilitating conditions, and prices value in order to improve e-money services or also making policies in the implementation of e-money in Indonesia.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectE-moneyen_US
dc.subjectUTAUT 2en_US
dc.subjectBehavioral Intention of E-moneyen_US
dc.subjectMinat Penggunaan E-moneyid
dc.titleANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGGUNAAN ELECTRONIC MONEY DI INDONESIAid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record