Show simple item record

dc.contributor.advisorH. Nur Kholis, S.Ag, M.Sh.Ec
dc.contributor.authorMUHAMMAD RONALD REAGEN, 15423079
dc.date.accessioned2018-04-12T14:24:29Z
dc.date.available2018-04-12T14:24:29Z
dc.date.issued2018-04-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6416
dc.description.abstractZakat adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim untuk menunaikannya. Indonesia adalah sebuah negara yang mayoritas agamanya adalah muslim. Potensi dana zakat di Indonesia mencapai Rp217 triliun. Namun, pertumbuhan zakat yang meningkat pesat sekarang ini masih sangat jauh dengan potensi zakat sebenarnya. Fundraising zakat dapat diartikan sebagai kegiatan menghimpun dana zakat serta sumber daya lainnya dari masyarakat yang akan disalurkan dan didayagunakan oleh para mustahik. Tujuan pokok fundraising zakat diantaranya menghimpun dana, menghimpun donatur, menghimpun para simpatisan atau pendukung, membangun citra lembaga (brand image) dan memberikan kepuasan para muzakki. Penelitian ini mengangkat strategi fundraising yang diterapkan oleh Dompet Dhuafa cabang Yogyakarta. Para fundraiser yang terdiri dari Manager Sumberdaya dan Komunikasi, Supervisor fundraiser, staf fundraiser, staf Customer Relationship Management, staf Marketing and Communication dan staf Social Media saling bersinergi dalam rangka meningkatkan penghimpunan dana zakat dan penyerapan potensi zakat yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan cara memaparkan informasi aktual yang terjadi di lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini adalah strategi fundraising sangat perlu dilaksanakan karena terkait bertahannya sebuah lembaga zakat, menghimpun dana, langkah perluasan/pengembangan, dukungan moral legal serta keberlanjutan eksistensi muzakki itu sendiri. Penerapan strategi yang dilakukan secara direct dan indirect berdampak pada peningkatan pengetahuan masyarakat dalam berzakat, tersedianya para muzakki untuk memberi tanggapan secara langsung, peningkatan kepercayaan masyarakat, terciptanya kedekatan personal serta interaktif, terciptanya komunikasi dua arah, terjangkaunya wilayah tertentu, peningkatan kesadaran, peningkatan motivasi, meningkatkan citra lembaga dan meningkatkan kepuasan muzakki. Zakat is an obligation for every Muslim to fulfill it. Indonesia is a country whose majority religion is Muslim. The potential of zakat funds in Indonesia reached Rp217 trillion. However, the rapidly increasing growth of zakat today is still very far away with the true potential of zakat. Fundraising zakat can be interpreted as an activity to collect zakat funds as well as other resources of society that will be channeled and utilized by the mustahik. The main objectives of fundraising zakat include raising funds, collecting donors, gathering sympathizers or supporters, building the image of the institution (brand image) and giving satisfaction the muzakki. This research raises the fundraising strategy applied by Dompet Dhuafa branch of Yogyakarta. Fundraisers consisting of Resources and Communications Manager, Supervisor fundraiser, fundraiser staff, Customer Relationship Management staff, Marketing and Communication staff and Social Media staff synergize in order to increase the accumulation of zakat funds and the absorption of zakat potential. This study uses descriptive qualitative method that is by describing the actual information that occurs in the field (field research). The result of this research is that fundraising strategy is necessary to be implemented due to the survival of an institution of zakat, raising funds, extending / developing, legal moral support and sustaining the existence of muzakki itself. Implementation of direct and indirect strategies has resulted in increased knowledge of the community to do zakat, the availability of muzakki to respond directly, increasing public trust, the creation of personal and interactive, the creation of two-way communication, the reach of certain areas, awareness raising, improve the image of the institution and increase the satisfaction of muzakki.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectZakatid
dc.subjectStrategiid
dc.subjectFundraisingen_US
dc.subjectDompet Dhuafaid
dc.subjectStrategyen_US
dc.subjectFundraisingen_US
dc.titleDampak Penerapan Strategi Fundraising Terhadap Peningkatan Pengelolaan Dana Zakat (Studi pada Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta)id
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record