Show simple item record

dc.contributor.advisordr. Yeny Dyah Cahyaningrum, M.Med.Ed
dc.contributor.advisordr. Diani Puspa Wijaya, M.Med.Ed
dc.contributor.authorBryan Surya Saputra, 14711087
dc.date.accessioned2018-03-28T16:40:18Z
dc.date.available2018-03-28T16:40:18Z
dc.date.issued2018-01-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6248
dc.description.abstractLatar belakang: PBL merupakan pendekatan pembelajaran kedokteran yang menuntut mahasiswa aktif dan mandiri. Pembelajaran mandiri bertujuan agar mahasiswa ikut aktif dalam planning, monitoring, executing serta evaluating dalam proses pembelajaran. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa setiap kelompok angkatan memiliki pelaksanaan pembelajaran mandiri yang berbeda-beda. FK UII membutuhkan analisis berupa penelitian terkait pembelajaran mandiri mahasiswa. Tujuan: (1) Mengetahui tingkat pembelajaran mandiri mahasiswa FK UII (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran mandiri mahasiswa berdasar planning, monitoring, excecuting dan evaluating mahasiswa di FK UII. (3) Membandingkan rata-rata tingkat pembelajaran mandiri mahasiswa FK UII pada tahun kedua, ketiga dan keempat. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Tingkat pembelajaran mandiri diukur dengan kuisioner Romauli dkk dan telah dilakukan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Pembelajaran mandiri mahasiswa dalam kuisioner tersebut meliputi aspek planning, monitoring, executing dan evaluating. Perbedaan rerata tingkat pembelajaran dan rerata masing-masing aspek antar kelompok mahasiswa dianalisis dengan Anova. Hasil: Sebanyak 227 subjek yang terdiri dari mahasiswa tahun kedua, ketiga , dan keempat telah mengisi kuisioner. Tingkat pembelajaran mandiri mahasiswa FK UII adalah sedang (1.98±0.42). Tingkat pembelajaran mahasiswa FK UII tahun ketiga dan keempat adalah sedang, pada mahasiswa tahun kedua adalah tinggi. Pembelajaran mahasiswa FK UII pada aspek planning termasuk dalam kategori tinggi (2.14), aspek monitoring termasuk kategori sedang (1.76), aspek executing termasuk kategori tinggi (2.01), dan aspek evaluating termasuk kategori sedang (1.97). Terdapat perbedaan rata-rata tingkat pembelajaran mandiri yang signifikan pada mahasiswa FK UII (p=0.000). Kesimpulan :Tingkat pembelajaran mahasiswa FK UII adalah sedang yaitu kontrol pembelajaran mandiri sudah ada pada mahasiswa namun belum maksimal. Tingkat pembelajaran mandiri mahasiswa FK UII tahun kedua adalah tinggi, tahun ketiga dan keempat adalah sedang. Terdapat perbedaan rata-rata tingkat pembelajaran mandiri mahasiswa yang signifikan pada mahasiswaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPBLen_US
dc.subjectSDLen_US
dc.subjectplanningen_US
dc.subjectmonitoringen_US
dc.subjectexecutingen_US
dc.subjectevaluatingen_US
dc.titleEVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MANDIRI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record