EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MANDIRI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Abstract
Latar belakang: PBL merupakan pendekatan pembelajaran kedokteran yang menuntut mahasiswa aktif dan mandiri. Pembelajaran mandiri bertujuan agar mahasiswa ikut aktif dalam planning, monitoring, executing serta evaluating dalam proses pembelajaran. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa setiap kelompok angkatan memiliki pelaksanaan pembelajaran mandiri yang berbeda-beda. FK UII membutuhkan analisis berupa penelitian terkait pembelajaran mandiri mahasiswa.
Tujuan: (1) Mengetahui tingkat pembelajaran mandiri mahasiswa FK UII (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran mandiri mahasiswa berdasar planning, monitoring, excecuting dan evaluating mahasiswa di FK UII. (3) Membandingkan rata-rata tingkat pembelajaran mandiri mahasiswa FK UII pada tahun kedua, ketiga dan keempat.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Tingkat pembelajaran mandiri diukur dengan kuisioner Romauli dkk dan telah dilakukan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Pembelajaran mandiri mahasiswa dalam kuisioner tersebut meliputi aspek planning, monitoring, executing dan evaluating. Perbedaan rerata tingkat pembelajaran dan rerata masing-masing aspek antar kelompok mahasiswa dianalisis dengan Anova.
Hasil: Sebanyak 227 subjek yang terdiri dari mahasiswa tahun kedua, ketiga , dan keempat telah mengisi kuisioner. Tingkat pembelajaran mandiri mahasiswa FK UII adalah sedang (1.98±0.42). Tingkat pembelajaran mahasiswa FK UII tahun ketiga dan keempat adalah sedang, pada mahasiswa tahun kedua adalah tinggi. Pembelajaran mahasiswa FK UII pada aspek planning termasuk dalam kategori tinggi (2.14), aspek monitoring termasuk kategori sedang (1.76), aspek executing termasuk kategori tinggi (2.01), dan aspek evaluating termasuk kategori sedang (1.97). Terdapat perbedaan rata-rata tingkat pembelajaran mandiri yang signifikan pada mahasiswa FK UII (p=0.000).
Kesimpulan :Tingkat pembelajaran mahasiswa FK UII adalah sedang yaitu kontrol pembelajaran mandiri sudah ada pada mahasiswa namun belum maksimal. Tingkat pembelajaran mandiri mahasiswa FK UII tahun kedua adalah tinggi, tahun ketiga dan keempat adalah sedang. Terdapat perbedaan rata-rata tingkat pembelajaran mandiri mahasiswa yang signifikan pada mahasiswa
Collections
- Medical Education [2279]