UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME DI SD NEGERI KARANGASEM PALIYAN GUNUNGKIDUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya seorang guru Agama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Broken Home. Dalam penelitian ini ada tiga hal yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Broken Home yaitu (1) Guru melakukan pendekatan individu siswa. (2) menumbuhkan motivasi intrinsik siswa berdasarkan motivasi ekstrinsik siswa. (3) menjalin kerjasama atau konmunikasi yang baik dengan orang tua siswa.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Informasi yang dikumpulkan berdasrkan 3 jenis informan yaitu dari pihak orang tua, siswa Broken Home, dan Guru PAI. Penelitian ini berfokus pada upaya seorang Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Broken Home .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama kurangnya dorongan belajar siswa di rumah. Kedua, keterbatasan orang tua dalam membimbing anaknya ketika mengalami kesulitan belajar. Ketiga, siswa lebih menyukai metode-metode baru saat pembelajaran. Ke empat, motivasi belajar anak tidak sama. Anak satu dengan yang lain berbeda-beda. Tidak semua anak yang mengalami Broken Home mempunyai motivasi belajar rendah.ini tergantung dari individu anak masing-masing. Kelima, motivasi bukan sifat bawaan namun bisa dibentuk dan dipengaruhi. Untuk meningkatkan motivasi instrinsik siswa dengan melihat motivasi ekstrinsik siswa.