TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DI SMKN 1 TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA NUSA TENGGARA BARAT
Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas para guru merupakan bagian yang sangat penting bagi kemanjuan sekolah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan umum yang menerapkan mata pelajaran umum dan mata pelajaran khusus. Politik praktis msuk ke sekolah bisa berimplikasi bagi mutasi, dan rekrutmen guru dan tenaga kependidikan secara kolusi dan nepotisme. Juga menyebankan ketidak profesionalitas dalam menjalankan tugas.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan fokus penelitian pada tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalitas di SMKN. Sedangkan pertanyaan penelitian adalah, bagaimana tipe kepemimpinan kepala sekolah dan bagaimana bentuk pengembangan profesionalitas di SMKN 1 Tanjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Milles and Hubberman yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan kepala sekolah SMKN1Tanjung dalam meningkat profesinalitas guru adalah tipe kepemimpinan demokratis yang ditandai dengan, beorientasi kepada manusia dan memberikan bimbingan yang ifesien kepada pengikutnya. Koordinasi pekerjaan pada semua bawahan dengan penekanan rasa tanggung jawab kepada internal, dan kerja sama yang baik. Sedangkan bentuk pengembangan profesionalitas guru yang sudah dilaksanakan adalah, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), Kurikulum 2013 (K-13), dan pelatiah tentang penggunaan Teknologi Energi Terbarukan (TET), serta pelatihan sebagai bentuk kerjasama sekolah dengan beberapa perusahaan atau dealer sepeda motor.