ANALISIS VARIASI TINGGI RANGKA BATANG PADA JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE PRATT (ANALYSIS FOR THE HEIGHT VARIATION OF PRATT TRUSS BRIDGE)
Abstract
Jembatan adalah jalan yang direntangkan di atas sungai (jurang, tepi pangkalan, dsb).
Jembatan berfungsi sebagai sarana transportasi untuk menyeberang dari satu sisi ke sisi yang
lainnya. Jembatan dibedakan menjadi beberapa jenis, berdasarkan fungsi, lokasi, bahan konstruksi
dan tipe strukturnya. Analisa ini menggunakan jembatan jenis struktur rangka dan menggunakan
profil baja Wide Flange (WF) sebagai bahan konstruksinya. Tipe rangka yang dipilih adalah tipe
pratt. Variasi tinggi rangka yang dipakai adalah 6 m,7 m, 7.5 m dan 8 m. Angka tinggi batang
vertikal tersebut diambil berdasarkan tinggi rangka jembatan yang sering dipakai di Indonesia.
Peraturan pembebanan yang digunakan pada analisis ini adalah RSNI T-02-2005 yang
memenuhi persyaratan jembatan tahan gempa. Kemudian perhitungan kapasitas profil
menggunakan SNI 1729-2015. Analisis struktur menggunakan software Ms. Excel 2015 dan
SAP2000 v.14. Permodelan pada software SAP2000 v.14 yang dipakai di analisis ini memakai 2
jenis yaitu frame dan truss.
Struktur rangka jembatan didesain aman terhadap beban yang bekerja pada konstruksi
jembatan tersebut. Jembatan yang di analisis memiliki lebar badan jalan 7 m, lebar trotoar 1 m dan
panjang bentang jembatan 60 m. Hasil analisis menunjukan bahwa gaya aksial dan momen
struktur secara garis besar menurun seiring dengan bertambahnya tinggi batang vertikal. Berat
struktur dan lendutan mengalami penurunan juga, seiring dengan naiknya tinggi batang vertikal.
The bridge is an extended roads over the river (gap, edge bases, etc).
Function of a bridge is to transrportation means to cross from a one side to other side. A bridge
classified by function, location, material building and structure’s typical. This analisys using steel
bridge structure and Wide Flange (WF) profile’s as material building. The typical of structure is
pratt. Variation high of truss is 6 m, 7m, 7.5m and 8m. That value’s put from usual high of truss
bridge in Indonesia.
Regulations loading on this analisys is based on regulatory RSNI T-02-2005 that fill up
requirements of earthquake-resistant bridge. Then structural analisys is based on SNI 1729-2015.
Analisys structure of the bridge is using software Ms. Excel 2015 and SAP2000 v.14. Modelling in
the software SAP2000 v.14 using frame and space .
The structure of the bridge was designed secure for the load acting on the bridge. The
bridge’s had 7m wide of the road, wide sidewalks 1 m and a length for 60 m. The result of this
analisys showed that axial force and moment of structure is decreased along height of vertical
rod. Weight of structures and deflection also.
Collections
- Civil Engineering [4192]