RANCANG BANGUN GAME PERHITUNGAN PADA POKOK BAHASAN MATA UANG RUPIAH UNTUK ANAK TUNAGRAHITA
Abstract
Anak-anak berkebutuhan khusus dibedakan menjadi lima yaitu: tunanetra (buta), tunarungu-wicara (tuli-bisu), tunagrahita (cacat mental), tunadaksa (cacat tubuh), dan tunalaras (kenakalan anak-anak). Siswa tunagrahita berada pada posisi paling bawah dalam menerima materi sehingga menyebabkan kesulitan dalam tugas-tugas akademik, karena cacat yang terjadi pada fungsi otaknya. Tunagrahita adalah anak yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata anak normal, mengalami hambatan adaptasi tingkah laku, dan terjadi pada masa perkembangannya. Sehingga siswa tunagrahita kesulitan menyerap semua materi pelajaran, termasuk pelajaran perhitungan yaitu matematika. Padahal Matematika adalah salah satu pelajaran yang penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya penggunaan uang dalam kegiatan jual beli.
Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, menerapkan teknologi dalam metode pembelajaran dianggap efektif dan menarik bagi siswa tunagrahita. Rancang Bangun Game Perhitungan pada Pokok Bahasan Mata Uang Rupiah untuk Anak Tunagrahita dikembangankan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran. Pengembangan aplikasi game ini menggunakan Bahasa Action Script pada software Adobe Animate. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini menggunakan diagram Hierarchy Plus Input Process Output (HIPO). Pengujian pada pnelitian ini menggunakan metode black box testing, beta testing, uji multidevice, paired t-test dan observasi.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah aplikasi game perhitungan mata uang rupiah berbasis Android dengan materi pembelajaran matematika yang disesuaikan dengan kurikulum siswa tunagrahita sudah tepat sasaran dan menarik bagi siswa tunagrahita. Pengembangan rancang bangun game ini dapat meningkatkan hasil pembelajaran bagi siswa tunagrahita khususnya pembelajaran penjumlahan dan pengurangan mata uang rupiah
Collections
- Informatics Engineering [2143]