dc.description.abstract | Minat belajar siswa dalam materi Bahasa Arab terbilang rendah. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak metode maupun media yang cocok dan menarik untuk digunakan. salah satunya adalah penerapan metode Index card Match. Dengan menerapkan metode dan media ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat. dari ulasan tersebut timbul pertanyaan, yaitu bagaimana cara meningkatkan minat belajar bahasa Arab dengan metode Index Card Match pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta?
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi yang langsung dilakukan dilapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Yogyakarta. Analisa data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pembelajaran Bahasa Arab melalui metode Index Card Match mengalami peningkatan minat belajar. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persetase pada siklus II. Pada siklus I persentase minat sebesar 42,7% pada siklus II meningkat menjadi 58,7%. jadi siklus II meningkat sebesar 16%. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab dengan Metode Index Card Match pada Siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta dinyatakan berhasil.
Students interest in Arabic Language is poor. To overcome this it has a lot of methods and media are suitable and interesting to use. One of which is the application of methods of Index card Match. By applying these methods and media, are expected to increase the quality or the quality of learning. With the methods of learning and new media,this may be a reference and inspiration of teachers in improving student learning outcomes. From the following reviews there is a question, how to increase Interest in learning Arabic Language with Index Card Match Method on Students of class X at Madrasah Aliyah Negeri 1 of Yogyakarta?
The method used was Classroom Action Research as much as two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation phase, phase observation and reflection stages. While collecting data using observation techniques, interviews, tests, field notes and documentation are performed directly in the field. Source data from this study were tenth graders MAN 1 Yogyakarta. Analysis of the data used include data reduction, data display, and conclusion.
Learning Arabic through the method of Index Card match matter to increase learning outcomes. This is shown by the results of percentage in the 2nd cycle. In the first cycle, the percentage of interest is 42,7%, in the 2nd cycle the percentage increased to 58,7%. So, in 2nd cycle is 16% more than the first. The Effort to increase Interest in learning Arabic Language with Index Card Match Method on Students of class X at Madrasah Aliyah Negeri 1 of Yogyakarta is succeded. | en_US |