Kesejahteraan Psikologis pada Siswa Kelas Unggulan SMA di Lampung Ditinjau dari Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Efikasi Diri Akademik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan psikologis ditinjau dari dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri akademik pada siswa kelas unggulan SMA di Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan skala likert. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 125 siswa kelas unggulan dari SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, SMAN 1 Kotagajah Lampung Tengah, dan MAN 1 Lampung Tengah, Lampung. Pengukuran terhadap variabel-variabel penelitian ini menggunakan alat ukur yang diadaptasi dari teori kesejahteraan psikologis dari Ryff (1989), skala dukungan sosial teman sebaya dari teori Sarafino (1998), dan skala efikasi diri akademik dari teori Bandura (1997). Berdasarkan hasil analisis data terhadap dukungan sosial teman sebaya dan kesejahteraan psikologis dengan menggunakan teknik analisis korelasi Spearman, didapatkan nilai signifikansi = 0.182 (p>0,05) dengan nilai koefisien korelasi = 120, sehingga hipotesis ditolak. Artinya, tidak ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan kesejahteraan psikologis. Sedangkan analisis data terhadap efikasi diri akademik dan kesejahteraan psikologis menggunakan analisis korelasi product moment Pearson. Analisis tersebut menghasilkan nilai signifikansi = 0.000 (p<0.05), sehingga hipotesis diterima. Nilai koefisien korelasi = 0,444 termasuk kedalam kategori cukup kuat (moderat). Artinya, semakin tinggi efikasi diri akademik maka semakin baik kesejahteraan psikologis siswa.
Collections
- Psychology [2173]