Show simple item record

dc.contributor.authorOgie Rizky Aulia, 12524103
dc.date.accessioned2018-02-05T11:51:57Z
dc.date.available2018-02-05T11:51:57Z
dc.date.issued2018-01-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5375
dc.description.abstractPencahayaan pada ruang kelas merupakan salah satu faktor penunjang optimalnya proses belajar mengajar. Dengan pencahayaan yang baik bernilai tidak kurang dari 250lux maka terciptanya perasaan yang nyaman. Sebaliknya apabila pencahayaan pada ruang kelas tidak tepat maka dapat merusak atmosfer ruang kelas sehingga menimbulkan perasaan yang kurang nyaman. Penelitian ini melakukan perhitungan dengan persamaan lampu, pengukuran menggunakan luxmeter dan visualisasi menggunakan DIALux v.13. Perhitungan persamaan dengan lampu fluoseren 15 buah nilai rata-rata 1034,49 lux, lampu fluoseren 10 buah nilai rata-rata 595,87 lux dan lampu LED 12 buah nilai rata-rata 689,66 lux. Pengukuran menggunakan luxmeter pada ruang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia nilai rata-rata tidak kurang dari 250lux. Jumlah armatur dan nilai lumen pada gedung K.H.A WAHID HASYIM sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia.en_US
dc.description.sponsorshiphusein mubaroken_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDIALux v.13en_US
dc.subject. WAHID HASYIMen_US
dc.subjectEvaluasi Pencahayaan Ruang Kelasen_US
dc.subjectEvaluasien_US
dc.subjectPencahayaan Ruang Kelasen_US
dc.titleEvaluasi Penerangan ruang kelas pada gedung K.H.A. Wahid hasyim menggunakan aplikasi dialuxen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record