Show simple item record

dc.contributor.advisorRahmat Riza, S.T, M.Sc, M.E.
dc.contributor.authorAnzhar Fachtul Mubien Paweroy, 12525074
dc.date.accessioned2018-02-01T10:40:54Z
dc.date.available2018-02-01T10:40:54Z
dc.date.issued2017-11-20
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/5355
dc.description.abstractPada kendaraan sedan merek Honda pada umumnya memiliki bahan material engine yang kuat namun dikarenakan faktor usia maka terjadi penurunan fungsi dari bahan material tersebut. Untuk meningkatkan fungsi kembali dibutuhkan modifikasi bahan material supaya engine dapat bekerja secara optimal. Modifikasi bahan material berupa pendinginan air coolling system dan grill air flow dimana hal ini dipengaruhi oleh iklim tropis. Penelitian ini membahas tentang kinerja aerodinamika grill air flow yang dibandingkan dengan model terbuka full, terbuka setengah, tertutup full. Adapun grill yang akan diteliti secara khusus yaitu terbuka 25%, terbuka 50%, dan terbuka 75%. Sehingga diharapkan dapat diperoleh kinerja grill air flow yang sesungguhnya dari suatu konstruksi pada engine mobil. Hal ini dilakukan dengan membuat simulasi laju aliran dengan menggunakan software Computational Fluid Dynamic(CFD). Objek pada penelitian ini ialah sedan Honda CIVIC SO4 – AT FERIO pemilihan objek tersebut dikarenakan memiliki bahan material yang kuat tetapi dikarenakan faktor usia sehingga kurang optimal pada sistem pendinginnya. Untuk dapat mengetahui dimensi desain grill yang baik untuk kendaraan bermotor agar pasokan udara yang dibutuhkan oleh engine dapat berperan penting untuk pendinginan. Maka penulis akan melakukan penelitian simulasi aliran udara pada ruang bakar kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin 1590 cc. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Model desain dari simulasi Grill Air Flow mendapatkan hasil laju aliran konveksi paksa dan konveksi alami. Grill yang terbuka 100% menunjukkan bahwa engine kendaraan dapat didinginkan secara maksimal. Kelebihan grill terbuka sangat baik bagi udara yang masuk ke ruang mesin, akan tetapi memiliki risiko masuknya batu-batu kecil ke dalam grill.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectSoftware Solidworks 2016(CFD)en_US
dc.subjectGrill Air Flowen_US
dc.subjectBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),id
dc.subjectPerpindahan Panasid
dc.subjectFinite Element Methoden_US
dc.titleSimulasi Aliran Udara pada Ruang Mesin Kendaraan Bermotor dengan Tipe Mobil Honda Civic So-4 at Kapasitas 1590 Ccid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record