Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. Hajar Dewantara, M.S.I
dc.contributor.authorAstuti, Asti Dwi
dc.date.accessioned2018-01-15T11:06:12Z
dc.date.available2018-01-15T11:06:12Z
dc.date.issued2015-05-14
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5182
dc.description.abstractPeranan pendidikan pesantren dan pendidikan sekolah dalam pelaksanaan pendidikan nasional dapat dilihat dalam kaitannya sebagai sub sistem pendidikan nasional. Keduanya merupakan lembaga yang berfungsi melaksanakan pendidikan berdasarkan arah dan tujuan yang telah ditentukan. Dengan fungsi khusus yang dibawakan oleh kedua sistem pendidikan ini, yakni pesantren dan sekolah, pendidikan nasional akan menunjukan dinamikanya secara mantap. Untuk kepentingan ini, integrasi pendidikan pesantren dan pendidikan jalur luar sekolah, baik secara fungsional maupun institusional, senantiasa diusahakan. Sebab, jika keduanya berjalan kurang terpadu, maka sasaran pendidikan akan terlambat. Hal demikian sudah ditunjukan oleh sejarah di mana penjajah memaksakan secara mutlak berlakunya sistem pendidikan pribumi, yakni pendidikan pesantren. Tujuan dalam pendidikan ini, penulis ingin benar-benar mengetahui bagaimanakah sistem kurikulum bervariasi yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad dan bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kurikulum terpadu di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad. Urgensi pendidikan terpadu itu akan mewarnai sistem dan praktek penyelenggaraan, maka untuk menyiapkan SDM yang memiliki IMTAQ dan menguasai IPTEK diperlukan penyesuaian makna pendidikan. Dengan pendidikan terpadu pembinaan IMTAQ dan IPTEK diharapkan bisa dilakukan dan diwujudkan di dunia pesantren. Karena sistemnya yang integrated, agaknya cukup sulit memisahkan sama sekali antara kurikulum intra dan ekstra, terkadang keduanya bisa menjadi sifat dari satu kegiatan yang sama, sehingga dia bisa disebut dengan keduanya.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectPendidikan Islamid
dc.subjectterpaduid
dc.subjectpondok pesantrenid
dc.titleModel Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari Gunungkidulid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record