Pendampingan Pengawas Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Smk n 1 Bantul Yogyakarta
Abstract
Penelitian yang memaparkan Pendampingan Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMKN 1 Bantul Yogyakarta ini, bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 1 Bantul Yogyakarta. (2) Problem apa saja yang dihadapi oleh guru PAI, dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. (3) Bagaimana pengawas dalam mendampingi guru PAI, mengatasi problematika implementasi Kurikulum 2013.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2017, dengan jenis penelitian kualitatif diskriptif, lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Bantul dan kantor Pokjawas PAI Kabupaten Bantul, dengan Informan penelitian pengawas PAI di Kabupaten Bantul, dan guru PAI di SMKN 1 Bantul. Data-data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisa menggunakan model interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama: Secara umum guru-guru PAI di SMKN I Bantul sudah mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan baik, hal ini dapat dilihat pada perencanaan pembelajaran, proses/pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Kedua: Problem atau kendala yang dihadapi guru antara lain: masih kurangnya sumber belajar, minimnya pemahaman guru tentang berbagai model pembelajaran, peserta didik susah diajak untuk aktif, susah menilai sikap setiap peserta didik. Ketiga: Dalam melaksanakan tugas sebagai pendamping, pengawas selain melakukan supervisi, pengawas memberi beberapa contoh form RPP sampai dengan penilaian, memberi contoh-contoh pembelajaran aktif. Disamping itu bentuk pendampingan yang dilakukan dengan mengumpulkan guru dalam forum MGMP kemudian diberi pelatihan dan pembinaan.