Show simple item record

dc.contributor.authorTalitha, Givary Ayu
dc.date.accessioned2024-07-01T02:22:44Z
dc.date.available2024-07-01T02:22:44Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/50616
dc.description.abstractTerdapat beberapa parameter keberhasilan pendidikan, salah satunya adalah tingkat partisipasi penduduk pada suatu tingkat pendidikan. Berdasarkan data Angka Partisipasi Kasar tahun 2020 sampai 2022, terjadi penurunan signifikan pada jenjang SM/SMK/MA/Paket C dan Perguruan Tinggi. Rendahnya angka partisipasi Perguruan Tinggi dibanding jenjang lainnya menjadi tantangan untuk meningkatkan kualitas sehingga dapat menyerap lebih banyak penduduk usia sekolah di jenjang Perguruan Tinggi. Sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Islam Indonesia berkomitmen untuk menyediakan pendidikan tinggi berkualitas bagi masyarakat. Pada penelitian, digunakan algoritma K-Means untuk mengelompokkan 34 provinsi di Indonesia sebagai segmentasi pasar UII. Penelitian ini menghasilkan lima kelompok atau segmen di mana cluster pertama diketahui berjumlah 7 provinsi, cluster kedua berjumlah 12 provinsi, cluster ketiga berjumlah 3 provinsi, cluster keempat berjumlah 11 provinsi dan cluster kelima berjumlah 1 provinsi. Karakteristik segmen pasar untuk pemasaran Ull adalah provinsi yang membutuhkan penambahan perguruan tinggi atau perpindahan tujuan perguruan tinggi oleh penduduk usia 19-23 tahun. Pada penelitian diperoleh Provimi DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat. Visualisasi pada segmentasi ini dilakukan dengan menggunakan peta interaktif R-Shiny.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerguruan Tinggien_US
dc.subjectAngka Partisipasi Kasaren_US
dc.subjectSegmentasien_US
dc.subjectK-Meansen_US
dc.titleIntegrasi K-Means Dan R-Shiny Pada Segmentasi Pasar Calon Mahasiswa Di Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19611167


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record