Show simple item record

dc.contributor.authorAfifah, Yunika Cahya
dc.date.accessioned2024-06-28T05:07:38Z
dc.date.available2024-06-28T05:07:38Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50581
dc.description.abstractPendidikan mempunyai peranan dan fungsi yang cukup penting bagi kehidupan manusia, baik pendidikan dalam aspek kognitif, afektif (sikap), maupun psikomotorik. Manajemen di suatu lembaga pendidikan harus dijalankan dengan baik demi menjaga keberlangsungan hidup pada lembaga pendidikan tersebut. Adapun salah satu komponen yang dapat mengembangkan sebuah lembaga pendidikan tersebut adalah dengan adanya pengelolaan Sistem Informasi Manajemen yang baik. Namun, masih banyak ditemui pengelolaan pendidikan yang belum memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) tersebut yang akhirnya berdampak pada kurang optimalnya lembaga pendidikan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen antaranya: menyusun planning, organizing, actuating dan controlling. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu diskriptif yang menggambaran keadaan obyek yang di teliti. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta subjek penelitiannya yaitu guru dan kepala sekolah di SD Negeri 1 Purbalingga Kidul, SD Negeri 1 Kedungmenjangan, dan SD Negeri 1 Penambongan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Sistem Informasi Manajemen belum sepenuhnya online. Adanya keterbatasan fasilitas dan pembaharuan dari pusat serta minimnya tenaga yang paham tekologi menjadi penghambatnya. Maka sebaiknya perlu adanya pelatihan bagi beberapa guru yang ditunjuk untuk dapat menguasai bidang tersebut.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.titlePenerapan Sistem Informasi Manajemen dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Purbalingga, Jawa Tengah (SD Negeri 1 Purbalingga Kidul, SD Negeri 1 Kedungmenjangan, SD Negeri 1 Penambongan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20913049


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record