Penerapan Sistem Informasi Manajemen dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Purbalingga, Jawa Tengah (SD Negeri 1 Purbalingga Kidul, SD Negeri 1 Kedungmenjangan, SD Negeri 1 Penambongan)
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan dan fungsi yang cukup
penting bagi kehidupan manusia, baik pendidikan dalam aspek
kognitif, afektif (sikap), maupun psikomotorik. Manajemen di suatu
lembaga pendidikan harus dijalankan dengan baik demi menjaga
keberlangsungan hidup pada lembaga pendidikan tersebut. Adapun
salah satu komponen yang dapat mengembangkan sebuah lembaga
pendidikan tersebut adalah dengan adanya pengelolaan Sistem
Informasi Manajemen yang baik. Namun, masih banyak ditemui
pengelolaan pendidikan yang belum memanfaatkan Sistem Informasi
Manajemen (SIM) tersebut yang akhirnya berdampak pada kurang
optimalnya lembaga pendidikan dalam menjalankan fungsi-fungsi
manajemen antaranya: menyusun planning, organizing, actuating dan
controlling.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian yaitu diskriptif yang menggambaran keadaan obyek
yang di teliti. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta subjek penelitiannya
yaitu guru dan kepala sekolah di SD Negeri 1 Purbalingga Kidul, SD
Negeri 1 Kedungmenjangan, dan SD Negeri 1 Penambongan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
Sistem Informasi Manajemen belum sepenuhnya online. Adanya
keterbatasan fasilitas dan pembaharuan dari pusat serta minimnya
tenaga yang paham tekologi menjadi penghambatnya. Maka
sebaiknya perlu adanya pelatihan bagi beberapa guru yang ditunjuk
untuk dapat menguasai bidang tersebut.