Show simple item record

dc.contributor.authorValery, Jasmine
dc.date.accessioned2024-06-28T04:15:04Z
dc.date.available2024-06-28T04:15:04Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50572
dc.description.abstractPraktik jual beli merchandise korean pop banyak terjadi melalui social commerce. Namun, beberapa hak konsumen khususnya hak atas informasi kurang terpenuhi oleh pelaku usaha. Konsumen sangat bergantung pada pemberian informasi oleh pelaku usaha, karena jual beli yang dilakukan tidak secara langsung. Sehingga, konsumen menuntut adanya transparansi informasi mengenai barang yang diperjualbelikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum dan bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam melakukan jual beli secara elektronik melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan konsep, dan pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen, yakni secara preventif dan represif. Bentuk perlindungan hukum secara preventif telah diatur Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, disamping dengan peraturan perundang-undangan lainnya yang mengatur hak konsumen atas informasi mengenai barang dan perlindungan hukum secara represif dilakukan upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen dapat melalui pengadilan maupun di luar pengadilan. Namun, pada praktiknya perlindungan konsumen tersebut belum melindungi konsumen dalam jual beli merchandise korean pop melalui social commerce. Serta tanggung jawab pelaku usaha atas tidak terpenuhinya hak atas informasi dapat berupa pengembalian uang (refund) sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang didasarkan pada prinsip tanggung jawab professional liability yang menggunakan prinsip tanggung jawab mutlak (strict liability) tidak dilakukan oleh pelaku usaha dalam jual beli merchandise korean pop melalui social commerce.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerlindungan Konsumenen_US
dc.subjectTanggung Jawaben_US
dc.subjectJual Beli Merchandise Korean Popen_US
dc.titlePerlindungan Hukum Bagi Konsumen Atas Hak Informasi dalam Jual Beli Merchandise Korean Pop Melalui Social Commerceen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20410191


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record