Show simple item record

dc.contributor.authorIryani, Devina Inayah
dc.date.accessioned2024-06-28T02:54:19Z
dc.date.available2024-06-28T02:54:19Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/50556
dc.description.abstractKonsumen akan melakukan pembelian sebuah produk atau jasa yang sesuai dengan yang akan dibeli yang dilihat dari berbagai aspek, mengingat banyaknya jenis produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual. Kategori kebutuhan yang menjadi kebutuhan sehari-hari seperti fast moving customer goods (FMCG) salah satu jenisnya adalah bubur bayi instan. Ketika melakukan pembelian bubur bayi instan, konsumen cenderung melihat hanya dari satu atau lebih faktor, tidak melihat keseluruhan aspek kebutuhan seperti hanya memilih berdasarkan tekstur, merk, varian rasa, kepraktisan, atau kandungan nutrisi. Banyaknya aspek yang harus diperhatikan oleh konsumen, menjadikan konsumen dapat terpengaruh dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari bias kognitif yang dapat memengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian bubur bayi instan dengan bias kognitif yang digunakan antara lain Bandwagon Effect, Herding Bias, dan Confirmation Bias. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu uji statistik regresi linier berganda. Pada indikator Bandwagon Effect, Herding Bias, Confirmation Bias, dan Keputusan Pembelian masing-masing memiliki 5 butir pertanyaan. Populasi yang digunakan yaitu perempuan dengan usia produktif pada rentang 15 – 64 tahun dengan sampel yaitu perempuan berusia 21 – 40 tahun yang sudah memiliki anak dengan usia 6 – 12 bulan sebagai konsumen bubur bayi instan dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden menggunakan teorema limit pusat. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pada analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada Confirmation Bias terhadap keputusan pembelian bubur bayi instan, sedangkan Bandwagon Effect dan Herding Bias tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian bubur bayi instan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Regresien_US
dc.subjectBias Kognitifen_US
dc.subjectKeputusan Pembelian Bubur Bayi Instanen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Berdasarkan Bias Kognitif Terhadap Perbaikan Pengambilan Keputusan Bubur Bayi Instanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20522370


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record