Analisis Pengaruh Berdasarkan Bias Kognitif Terhadap Perbaikan Pengambilan Keputusan Bubur Bayi Instan
Abstract
Konsumen akan melakukan pembelian sebuah produk atau jasa yang sesuai dengan yang akan
dibeli yang dilihat dari berbagai aspek, mengingat banyaknya jenis produk atau jasa yang
ditawarkan oleh penjual. Kategori kebutuhan yang menjadi kebutuhan sehari-hari seperti fast
moving customer goods (FMCG) salah satu jenisnya adalah bubur bayi instan. Ketika
melakukan pembelian bubur bayi instan, konsumen cenderung melihat hanya dari satu atau
lebih faktor, tidak melihat keseluruhan aspek kebutuhan seperti hanya memilih berdasarkan
tekstur, merk, varian rasa, kepraktisan, atau kandungan nutrisi. Banyaknya aspek yang harus
diperhatikan oleh konsumen, menjadikan konsumen dapat terpengaruh dalam mengambil
keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari bias kognitif yang
dapat memengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian bubur bayi instan
dengan bias kognitif yang digunakan antara lain Bandwagon Effect, Herding Bias, dan
Confirmation Bias. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu uji statistik regresi linier
berganda. Pada indikator Bandwagon Effect, Herding Bias, Confirmation Bias, dan Keputusan
Pembelian masing-masing memiliki 5 butir pertanyaan. Populasi yang digunakan yaitu
perempuan dengan usia produktif pada rentang 15 – 64 tahun dengan sampel yaitu perempuan
berusia 21 – 40 tahun yang sudah memiliki anak dengan usia 6 – 12 bulan sebagai konsumen
bubur bayi instan dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden menggunakan teorema limit
pusat. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pada analisis regresi
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada Confirmation Bias terhadap keputusan pembelian
bubur bayi instan, sedangkan Bandwagon Effect dan Herding Bias tidak memiliki pengaruh
terhadap keputusan pembelian bubur bayi instan.
Collections
- Industrial Engineering [2321]