dc.contributor.author | Amalia, Zilla Rizky | |
dc.date.accessioned | 2024-06-27T05:45:07Z | |
dc.date.available | 2024-06-27T05:45:07Z | |
dc.date.issued | 2024 | |
dc.identifier.uri | dspace.uii.ac.id/123456789/50511 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perlindungan hukum konsumen
Muslim terhadap pemenuhan hak atas informasi produk dari makanan cepat saji
yang dijual oleh pelaku usaha di Kabupaten Ponorogo dari sisi normatif dengan
memadukan bahan hukum yang ada dengan data primer di lapangan. (1) Bagaimana
perlindungan hukum konsumen Muslim terhadap pemenuhan hak atas informasi
produk makanan cepat saji yang tidak berlabel halal di Kabupaten Ponorogo? (2)
Bagaimana tanggung jawab pelaku usaha produk makanan cepat saji yang tidak
berlabel halal terhadap konsumen Muslim yang mengalami kerugian secara lahir
dan batin di Kabupaten Ponorogo? Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Pemenuhan hak atas informasi di Kabupaten Ponorogo oleh pelaku usaha lemah,
kelemahan itu karena pelaku usaha cenderung mengabaikan kewajibannya dalam
memenuhi hak-hak konsumen untuk mendapatkan informasi yang benar, jujur, dan
jelas sesuai kondisi sebagaimana pada Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun
1999 tentang Perlindungan Konsumen (2) Tanggung jawab pelaku usaha dalam
ganti kerugian sebagaimana Pasal 19 UUPK tidak terpenuhi, pelaku usaha
cenderung menyalahkan konsumen dengan tidak berhati-hati dalam memilih
makanan dan menbaikan pentingnya pendaftaran sertifikasi halal produk makanan
yang dijualnya. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Hak atas Informasi Konsumen | en_US |
dc.subject | Tanggung Jawab Pelaku Usaha | en_US |
dc.subject | Ganti Kerugian | en_US |
dc.title | Perlindungan Hukum Konsumen Muslim Terhadap Pemenuhan Hak Atas Informasi Produk Makanan Cepat Saji Yang Tidak Berlabel Halal di Kabupaten Ponorogo | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 20410771 | |